Sarasehan Jurusan IPA 2023 dengan tema “Menyatukan Aspirasi, Tingkatkan Motivasi Menuju Pendidikan IPA yang Bersinergi” telah sukses dilaksanakan secara offline di gedung C12.03.01 dan C12.03.02. Acara yang berlangsung pada Jumat, 11 November 2023, bertujuan sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa kepada pihak jurusan IPA. Seluruh dosen jurusan IPA dan mahasiswa aktif jurusan IPA turut berpartisipasi dalam kegiatan sarasehan ini.
Pembahasan dialog pertama mencakup sarana dan prasarana di jurusan IPA. Mahasiswa aktif jurusan IPA menyampaikan lima topik penting, termasuk gudang penyimpanan, ruang baca di IPA, ruang kelas, LCD di dalam kelas, tempat menunggu untuk praktikum dan pralab, serta jaringan Wi-Fi dan pintu ruangan. Sejumlah permasalahan tersebut telah diidentifikasi, seperti kondisi gudang yang kurang baik, keterbatasan ruang kelas yang menyebabkan persaingan, dan LCD yang kurang jelas. Solusi-solusi dan langkah-langkah perbaikan akan ditinjau secara bertahap, termasuk pelebaran ruangan dan pembenahan jaringan Wi-Fi.
Dialog kedua membahas perkuliahan di jurusan IPA. Mahasiswa membicarakan kegiatan semester 5, konversi program Kampus Mengajar, penilaian KKN Program Kemanusiaan di luar negeri, dan penilaian PLP. Dalam konversi kegiatan semester 5, seperti KKN dan MBKM, mahasiswa diberi kebebasan dengan resiko yang harus dihadapi. Kampus Mengajar tidak memiliki batasan semester, dan penilaian PLP akan diberi kemudahan dengan melibatkan input dari guru pamong.
Pembahasan dialog ketiga mengenai tugas akhir di jurusan IPA. Mahasiswa membahas konsultasi permasalahan pada proposal skripsi dan lulus tanpa skripsi. Mahasiswa diberi panduan untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing seminar terkait permasalahan pada proposal skripsi. Pentingnya seminar proposal sebelum mengambil data diakui untuk mempertajam identifikasi masalah dan rumusan masalah pada tahap awal penelitian skripsi.
Sarasehan ini mencerminkan upaya untuk menciptakan lingkungan pendidikan IPA yang lebih baik dengan melibatkan partisipasi aktif mahasiswa dan dialog terbuka antara mahasiswa dan dosen.